KIAT-KIAT MENDIRIKAN UMKM

Berikut ini akan diuraikan  bagaimana memulai usaha kecil dan menengah.

1. Planning Bisnis

Anda harus memiliki citra atau planning nan jelas tentang jenis usaha UMKM yang akan dijalani. Secara generik bisnis dibagi menjadi dua yaitu memroduksi barang dan menyediakan jasa. Semua itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

2. Planning Kapital Usaha


Merintis usaha kecil dan menengah tak membutuhkan kapital besar sebab UMKM merupakan wirausaha dengan skala menengah. Jadi, Anda tidak usah pusing menyiapkan dana besar buat menjalankan bisnis usaha ini. Sumber kapital dapat didapat dari dana internal seperti tabungan, pinjaman. Sedangkan sumber kapital eksternal dapat anda dapatkan dari forum perbankan nan menyediakan kredit lunak buat UMKM, tentunya bunga kredit yang ringan.

3. Sasaran Konsumen atau pelanggan



Usaha kecil dan menengah yang akan Anda jalani tak lepas dari pasar atau pembeli. Semakin banyak pembeli dan semakin luas produk Anda di pasaran, semakin besar omzet bisnis Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki target tepat, siapa konsumen anda yang akan memakai barang atau jasa Anda.

4. Ciptakan Pasar

Setelah Anda mendirikan usaha kecil dan menengah, langkah selanjutnya ialah menciptakan pasar buat produk Anda. Cara yang mudah menciptakan pangsa pasar ialah bekerja sama dengan distributor. Sering-seringlah mengikuti event promosi seperti pameran atau UMKM fair dan lain sebagainya, nan biasanya diselenggarakan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan perusahaan Event Organizer.

5. Promosi/Iklan


Strategi terakhir ini ialah promosi, fungsinya agar hasil barang produksi Anda dikenal oleh pasar. Semakin sering Anda mengiklankan produk bisnis Anda, semakin banyak orang membeli barang Anda. Dalam global marketing, dikenal dua macam promosi. Pertama, konvensional seperti menyebarkan pamflet, brosur, memasang iklan di media massa. 

Komentar